Wednesday 22 June 2016

KG WAVE


Untuk dapat memahami agar kita dapat melakukan analisa pergerakan harga adalah :
“Kita tahu apa yang membuat harga berubah (bergerak) dan bagaimana harga tersebut bergerak”

Karena dengan mengetahui apa yang membuat harga bergerak dan bagaimana harga bergerak, maka otomatis kita akan dapat dengan mudah menganalisa pergerakan harga tersebut.

Dengan melakukan penelitian, pengamatan dan pemikiran akhirnya disimpulkan bahwa pergerakan harga itu terjadi karena ada dua hal yaitu :
1. Adanya Nilai Penawaran yang ditawarkan terhadap mata uang tertentu
2. Adanya Minat Pelaku Pasar terhadap Nilai Penawaran yang ditawarkan tersebut

Dari sinilah kelahiran KG Wave, dimana diperlukan metode untuk dapat secara visual mampu melihat Nilai Penawaran dan Minat Pelaku Pasar tersebut, pada data harga yang terbentuk agar dapat dilakukan analisa pergerakan harga.

KG Wave adalah cara menyusun data yang tadinya terlihat acak atau gak beraturan agar terlihat teratur secara berurutan.

Mengapa perlu diatur?
1. Hal ini akan memudahkan trader untuk melihat dan mengamati pergerakan harga yang akan dilakukan
2. Adanya kesulitan kalau mengamati data yang terlihat tidak teratur

Dari waktu ke waktu, Nilai Penawaran dan Minat Pelaku Pasar itu terus berubah-ubah, karena banyak yang mempengaruhinya. Dengan menyusun data secara teratur dengan aturan KG Wave, dapat dengan mudah membaca atau melihat Range Nilai Penawaran yang pernah terjadi pada harga. Karena Puncak tertingi dan terendah dari wave yang disusun berdasarkan aturan KG Wave, secara sederhana mampu memetakan Range Nilai Penawaran yang terjadi dari waktu ke waktu.

Dengan menyusun data secara teratur berdasarkan aturan KG Wave tersebut, secara global membantu trader untuk membaca dan melihat minat pelaku pasar berdasarkan arah susunan gelombang yang terbentuk.

Dari sini ternyata, hanya dengan menyusun data sedemikian rupa melalui aturan KG Wave, akhirnya trader dapat membaca dan melihat Nilai Penawaran dan Minat Pelaku Pasar di data harga yang terbentuk.

Cara Membuat KG Wave:
1. Tentukan harga tertinggi dan harga terendah di Time Frame terbesar terlebih dahulu.
2. Hubungkan harga tertinggi dan terendah ini dengan sebuah garis.
3. Jika wave yang terbentuk adalah wave turun maka cari titik tertinggi di sebelah kanan chart setelah titik terendah di point 2 tadi lalu hubungkan kembali titik terendah dan tertinggi tsb dgn sebuah garis untuk membuat wave selanjutnya.
4. Jika wave yang terbentuk adalah wave naik maka cari titik terendah di sebelah kanan chart setelah titik tertinggi di point tadi lalu hubungkan kembali titik terendah dan tertinggi tsb dgn sebuah garis untuk membuat wave selanjutnya.
5. Lakukan langkah 3 atau 4 untuk membuat wave selanjutnya sampai di Time Frame tersebut tidak memungkinkan lagi untuk membuat wave. Dan untuk melanjutkannya teruskan cara menggambar ini di Time Frame yang lebih kecil dari titik tertinggi atau terendah wave terakhir di Time Frame sebelumnya.
6. Lakukan cara membuat wave ini sampai Time Frame terkecil yang anda pilih. Wave yang terbentuk akan terpetakan secara berurutan dan jika diurut semua garis wave dari TF besar ke TF kecilnya maka akan terlihat membentuk seperti gelombang yang mengecil ke kanan.



Cara membuat Sub Wave :
1. Tentukan arah “Main Wave”
2. Jika “Main Wave Up”, maka arah sub wave juga harus up
3. Jika “Main Wave Down”, maka arah sub wave juga harus down
4. Main Wave Up, maka hi sub wave harus selalu lebih tinggi dari hi sebelumnya dan low sub wave harus selalu lebih tinggi dari low sebelumnya
5. Main Wave Down, maka hi sub wave harus selalu lebih rendah dari hi sebelumnya dan low sub wave harus selalu lebih rendah dari low sebelumnya
6. Untuk analisa gunakan konsep Nilai Penawaran & Minat serta Formasi Wave

(Disampaikan oleh "Bantalan Balance" pada acara Gathering Nasional KGers - Jakarta, 31 Maret 2014)

tambahan materi :

sumber : kgforexworld

Sebagai tambahan materi, lihat videonya disini :

“Kebanyakan mereka tidak mau mempelajari konsep dasar, yang notabene hanya bisa diperoleh dengan belajar (membaca) dan saya pikir seorang champ tidak akan melakukan sesuatu yang dilakukan banyak orang kan?” ~ KG

1 comment:

  1. Like a Elliot Wave but I think it's so simple.
    Thanks

    ReplyDelete