Monday 27 June 2016

Berbagi (bagian I) by Alm FB

Saya mohon izin pada teman-teman di sini untuk sedikit-sedikit menuliskan apa yang saya pahami mengenai konsep-konsep dan teknik analisa KG sepanjang thread ini. Berat bagi saya menuliskan ini, tetapi saya melihat inilah cara belajar yg paling baik bagi saya yaitu menuangkan apa yang saya pahami dan ketahui untuk saya lihat kembali sejauh mana pemahaman saya mengenai ilmu nya KG ini dan saya berharap dari sini teman-teman juga bisa belajar dan mengambil manfaatnya...

Konsep KG dalam menganalisa pergerakan harga, "jantungnya" sebetulnya ada di halaman-halaman awal thread ini. Hanya mungkin banyak yang tidak 'ngeh karena terbawa uraian KG yang sederhana dan detail banget. Lalu apa sih jantungnya ? Banyak yang berpikir analisa MA dan BB adalah jantungnya, tetapi saya melihatnya bukan itu jantungnya. Jantung dari konsep analisa KG ada di titik acuan, bagaimana KG membagi titik-titik acuan sebagai basis analisanya adalah dasar dari semua analisa yang diuraikannya di thread ini. KG membagi titik acuan berdasarkan basis 8 tahunan, 4 tahunan, tahunan, 4 bulanan, bulanan, mingguan, harian, 8 jam-an dan 4 jam-an. Berdasarkan titik-titik acuan inilah kemudian KG menganalisa pergerakan harga untuk memetakan pergerakan harga yang berlangsung terus menerus.

Penentuan titik-titik acuan inipun dilakukan tidak sembarangan, tetapi KG menentukannya dengan mengamati kebiasaan-kebiasan sistem hidup, ekonomi, politik dan lain sebagainya. Alasannya sederhana, karena harga digerakkan oleh manusia sebagai object pelaku di pasar mata uang dan manusia dalam bertindak sangat dipengaruhi oleh pola hidup dan sistem-sistem di sekitarnya. Dalam thread ini dengan menggunakan basis titik-titik acuan yang sudah ditetapkannya tersebut kemudian KG memperlihatkan dan mencontohkan pada kita bagaimana analisa bisa dilakukan dengan hanya menggunakan MA dan BB yang berbasiskan titik-titik acuan tersebut. Bagi yang sudah memahami dan menggunakan konsep KG ini di MA dan BB pasti bisa melihat bagaimana pergerakan harga seolah-olah terpetakan dengan sempurna berdasarkan titik-titik acuan yang digunakan KG.Dalam thread ini KG hanya mencontohkan analisa dengan MA dan BB saja, tetapi sesungguhnya dengan menggunakan basis titik-titik acuan tersebut kita dapat menggunakan tools-tools lain yang umum digunakan dalam Analisa teknikal seperti MACD, RSI, Stochastic, ADX, CCI dan lain sebagainya untuk menganalisa pergerakan harga.

Semoga bermanfaat

Alm. FB

sumber : forexindo 


“Kebanyakan mereka tidak mau mempelajari konsep dasar, yang notabene hanya bisa diperoleh dengan belajar (membaca) dan saya pikir seorang champ tidak akan melakukan sesuatu yang dilakukan banyak orang kan?” ~ KG

0 komentar:

Post a Comment